Search This Blog

Tuesday, November 26, 2013

Bupati Gayo Lues Siap Mendukung Dewan Adat Gayo

 Bupati Gayo Lues Siap Mendukung Dewan Adat Gayo

Bupati Gayo Lues Siap Mendukung Dewan Adat Gayo

Ibnu-Hasyim
Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim (tengah) saat menerima berkas pembentukan Dewan Adat Gayo. (Lgco | Darmawan Masri)
Blangkejeren-LintasGayo.co : Gagasan pembentukan Dewan Adat Gayo sangat direspon positif oleh Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim.
Bahkan menyatakan siap memfasilitasi proses penguatan Dewan Adat Gayo kedepannya, dan selama pemerintahannya telah melakukan upaya-upaya penyelamatan dan pengenalan adat seni budaya bahkan hingga level internasional.
“Kami sudah melakukan langkah-langkah guna penyelamatan bahasa dengan penyusunan dan mendistribusikan buku kamus Gayo moderen kepada siswa, selanjutnya sedang menyusun tata bahasa Gayo yang akan diterbitkan tahun 2014,” kata Ibnu Hasyim kepada beberapa perwakilan inisator pembentukan Dewan Adat Gayo saat ditemui di rumah dinasnya di Blangkejeren, Senin 25 Nopember 2013.
Dan yang paling dibanggakan saat ini oleh masyarakat Gayo Lues, kata Ibnu adalah diakuinya tari Saman sebagai salah satu warisan dunia oleh lembaga internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
“Kami bersama jajaran siap memfasilitasi pembentukan Dewan Adat Gayo, dan pemerintahan adat sendiri segera kami susun disini,” tegas Ibnu Hasyim didampingi Sekda Gayo Lues, Abu Bakar Djasbi. (d’aKa)
Post a Comment