Search This Blog

Wednesday, July 10, 2013

SBY: Gempa Aceh Ditangani dengan Baik

SBY: Gempa Aceh Ditangani dengan Baik

SBY: Gempa Aceh Ditangani dengan Baik
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri Peringatan HUT Bhayangkara ke-67 di lapangan upacara Marko Brimob Kelapa Dua, Depok,Jawa Barat (1/7). TEMPO/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, JakartaPresiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai proses rehabilitasi dan rekonstruksi setelah gempa di Aceh Tengah lebih cepat dan lebih baik dibanding penanganan gempa di Aceh sebelumnya. Berdasarkan komunikasi langsung dengan pimpinan satuan tugas penanganan bencana gempa bumi di Aceh Tengah, SBY melihat langkah-langkah pascatanggap darurat gempa yang terjadi Selasa pekan lalu terus dilakukan.


Presiden SBY menyambung kunjungannya ke Aceh untuk memastikan semua upaya yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah berjalan dengan baik. "Insya Allah saya juga besok (Selasa) akan berangkat ke Aceh," kata SBY, saat membuka rapat kabinet paripurna persiapan menjelang Ramadan dan Idul Fitri, penanganan gempa Aceh dan kabut asap di kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin, 8 Juli 2013.

Adapun rapat kabinet ini juga ditujukan SBY untuk mendapatkan laporan dari Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, ihwal penanganan kebakaran ladang dan hutan di Riau. "Saya ingin mendengar apa yang tengah dan akan dilakukan," ujar dia.

Ia mengatakan perkembangan upaya penanganan kebakaran yang mengakibatkan kabut asap di negara tetangga ini cukup baik dalam tempo dua minggu. "Hampir semua tempat sudah normal dan pulih," ucap SBY.

Dua kabupaten di Aceh diluluhlantakkan oleh gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter pada 2 Juli lalu. Saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sedang mengalami kesulitan menangani kebutuhan air bersih untuk 48.562 jiwa pengungsi. Selain masalah air, para pengungsi juga mengharapkan kedatangan SBY bisa membantu dibangun kembalinya tempat tinggal yang rusak akibat gempa.

PRIHANDOKO

No comments: