Search This Blog

Monday, April 29, 2013

Terus Tanamkan Empat Pilar Bangsa




Terus Tanamkan Empat Pilar Bangsa

Rabu, 22 Februari 2012 18:47   

Megawati Soekarnoputri.
Megawati  Soekarnoputri mengajak seluruh seluruh eleman bangsa untuk terus bisa menanamkan dan mensosialisasikan Empat Pilar Bangsa. Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI. Pasalnya, jika salah satunya runtuh maka semua pondasi bangsa ini akan runtuh. Hal ini disampaikan beliau saat menghadiri peluncurkan buku Ketua MPR, Taufik Kiemas, yang berjudul 'Empat Pilar untuk Satu Indonesia : Visi Kebangsaan dan Pluralisme Taufik Kiemas', di gedung MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2).

Presiden RI kelima itu menegaskan ia berbicara Empat Pilar Bangsa bukan lantaran dirinya anak Soekarno. "Mungkin kalangan generasi muda bertanya kenapa Mega katakan seperti itu? Bahkan dulu saya ditembak langsung, dikatakan tentu saja Mega kan anak biologis Bung Karno. Tapi, bukan dalam konteks seperti itu," kata beliau menjelaskan.

Megawati mengatakan, empat pilar itu merupakan harga mati dan harus ditancapkan dari sekarang ini. "Bagaimana pun Empat Pilar Bangsa harus menjadi harga mati," ujar beliau.

Sementara itu, Ketua MPR RI, Taufiq Kiemas, mengatakan hasil survei MPR beberapa waktu lalu, menunjukan mayoritas rakyat mengakui dan  mendukung sosialisasi dan pelaksanaan Empat Pilar Bangsa.

“Hasil survei mengatakan, 96 persen menyetujui pemahanam bangsa Indonesia, sebanyak 97 persen menyatakan keyakinan Pancasila sebagai harga mati, dan 95 persen mengakui Bhinekka Tunggal Ika,  dan sebanyak 91 persen mengikuti empat pilar dengan sukarela," ujar beliau.

“Adalah kehendak sejarah apabila Indonesia lahir dari keberagaman. Kebhinekaan adalah kekayaan negara yang harus diterima dengan baik, beraneka ragam tapi masih satu dalam Indonesia," sambung politisi senior PDI Perjuangan tersebut.


 

No comments: