Search This Blog

Monday, April 29, 2013

Aceh akan Siapkan Grand Strategi Syariat Islam

Aceh akan Siapkan Grand Strategi Syariat Islam

Banda Aceh – Dinas Syariat Islam Aceh merencanakan akan membuat grand strategi Syariat Islam sebagai pedoman penerapan Syariat di seluruh Kabupaten/Kota di Aceh.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof Syahrizal Abbas dalam pertemuan dengan awak media di Komplek Keistimewaan Aceh, Jumat (26/04/2013).
Ia menambahkan, selama ini komitmen para pihak baik pemerintah dan masyarakat dalam penegakan Syariat dirasa masih kurang, penyebabnya adalah karena masih kurangnya pemahaman masyarakat dalam penegakan Syariat Islam.
“Kita ingin bangun pemahaman bersama tentang Syariat Islam, untuk itu kita akan buat komitmen dengan pemerintah maupun masyarakat,” jelasnya.
Prof Syahrizal juga mengatakan bahwa ia sudah membicarakan rencana Grand Strategi Syariat Islam ini dengan Pemerintah Aceh agar ada regulasi. “Grand Strategi Syariat Islam kita berharap akan diatur dengan peraturan gubernur sebagai dasar hukumnya,” tegasnya.
Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengakui bahwa penegakan Syariat Islam harus dimulai dari aparatur pemerintah sendiri kalau tidak akan sulit diterapkan dalam masyarakat. “Kalau tidak dimulai dari aparatur Syariat akan susah berjalan,” ujarnya lagi.
Kepala Dinas Syariat Islam mengatakan bahwa pihak eksekutif dan legislatif belum memahami Syariat Islam secara keseluruhan dan untuk itu perlu kesamaan pemahaman agar Syariat Islam tidak disalahtafsirkan. (zamroe)

No comments: