Search This Blog

Thursday, May 16, 2013

Wabup Aceh Tengah Terima Kunjungan Coffee Tour dari Eropa

Wabup Aceh Tengah Terima Kunjungan Coffee Tour dari Eropa

suaraleuserantara May 16, 2013 
Tour Kopui dari manca negara mulai sering dilakukan oleh sejumlah biro perjalanan.(Foto:Suara Leuser Antara)
Tour Kopi dari manca negara mulai sering dilakukan oleh sejumlah biro perjalanan.(Foto:Suara Leuser Antara)
TAKENGEN |SuaraLeuserAntara|: Wakil Bupati Aceh Tengah Drs. H. Khairul Asmara menerima kunjungan rombongan Coffee Tour yang berasal dari beberapa negara di  Eropa, Rabu (15/5/2013) sore bertempat di ruang kerja Wakil Bupati Aceh Tengah.
Kunjungan rombongan ini di fasilitasi oleh Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Medan. Dalam kesempatan itu, konsultan YEL, Mrs Frey Regina mengutarakan kedatangan mereka ke Aceh Tengah untuk melihat langsung kondisi tanaman kopi berikut kawasan hutan di daerah itu.
Selain melakukan Coffee Tour, pihak YEL turut melakukan sosialisasi misi yayasan dalam rangka konservasi hutan dan pengembangan kopi, termasuk di kabupaten Aceh Tengah.
“ YEL berkedudukan di Medan dan kami bergerak di bidang konservasi hutan, melindungi flora dan fauna dari kepunahan sekaligus memberdayakan para petani, termasuk petani kopi di Aceh Tengah dengan tujuan untuk lebih fokus kepada pertanian organik ,” katanya.
Lebih lanjut Mrs Frey mengungkapkan bahwa mereka tertarik membawa rombongan Coffee Tour datang ke Aceh Tengah karena daerah ini terkenal memiliki hutan tropis serta kopi yang berkualitas. “ Kita ingin melihat bagaimana kelestarian hutan yang mendukung kualitas tanaman kopi ”, imbuhnya.
Mrs Frey merupakan wanita berkebangsaan Swiss, dalam coffee tour tersebut, ia membawa serta rombongan dari berbagai negara Eropa diantaranya berasal dari Swiss, Jerman, Italia dan Inggris.
Salah seorang peserta rombongan asal Italia Mrs Antonella Cutrona menuturkan bahwa ia juga tertarik dengan topografi lahan dan tanaman kopi yang ada di Aceh Tengah. Wanita asal Milan Italia ini juga aktif memberikan konsultasi dan penyuluhan pemrosesan kopi (Coffee Processing) kepada para petani.
Sementara Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara dalam kesempatan itu memberikan penjelasan tentang kondisi perkebunan kopi dan para petani kopi di Aceh Tengah.
Diantaranya, Khairul mengemukakan komitmen pemerintah dan masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama hutan sebagai faktor pendukung kualitas tanaman kopi di daerah yang berhawa sejuk itu.
Khairul juga mengungkapkan dari berbagai uji cita rasa, Kopi Arabica Gayo memiliki peringkat premium, dan saat ini telah diekspor ke 17 negara di Eropa, Amerika dan sebagian negara Asia.
Wakil Bupati juga menjelaskan luas lahan Kopi arabica di Aceh Tengah yang mencapai 48.300 hektare, dengan rata-rata produksi 720 kg/hektar. Saat ini melalui sertifikat Indikasi Geografis yang diperoleh pada tahun 2010 lalu, menurutnya semakin menguatkan merek kopi Arabica Gayo berdasarkan daerah asal produk.
Kunjungan tim YEL ini berlangsung hangat dan informal. Rombongan Coffee Tour lainnya yang turut serta adalah Welz Holen asal Swis, kemudian Drews Thullo, Renale Faust, Harald Faust, Gehnke Michael, Wessel Ellermaun, keempatnya merupakan Coffee Roaster asal Jerman.
Selanjutnya David Porteous, Jim Olesnik, dan Philip Smith, ketinganya dari perusahaan United Coffee asal Inggris. Berikutnya Andrej Godina seorang Coffee Expert asal Italia, dan terakhir Bock Max seorang Coffee Sales asal Jerman.(izq)

No comments: