Search This Blog

Thursday, May 16, 2013

Awqaf Aceh Promosikan Kopi Gayo ke Dunia Internasional

Awqaf Aceh Promosikan Kopi Gayo ke Dunia Internasional

Taufik AbdullahAceh Tengah – Awqaf Aceh pada tanggal 10 hingga 12 Mei 2013 lalu telah melakukan study kelayakan bisnis terhadap mutu dan kuantitas kopi Gayo. Hasil dari kunjungan tersebut akan dibawa ke pertemuan dan ajang promosi kopi Gayo di Penang, Malaysia dalam waktu dekat ini yang difasilitasi oleh Costumer Association Penang (CAP), Selasa (14/05/2013).
Dalam study kelayakan tersebut, Awqaf Aceh berkunjung ke beberapa tempat penghasil kopi di Aceh Tengah, mulai dari perkebunan kopi rakyat hingga ke pabrik pengumpul sebelum diekspor ke luar Aceh. Awqaf Aceh juga berdiskusi dengan sejumlah pengusaha kopi Gayo yang sudah memasarkan kopi Gayo hingga ke belahan dunia luar.
Menurut Taufik Abdullah selaku representatif Awqaf Aceh, studi kelayakan yang dilakukan oleh Awqaf Aceh ke Aceh Tengah adalah sebagai penjajakan awal guna menciptakan peluang pasar yang lebih luas lagi di dunia internasional berdasarkan kualitas kopi Gayo pada kegiatan promosi.
“Kami mencoba membuka satu lagi peluang pasar internasional guna mempromosikan kopi Gayo ke dunia internasional. Study kelayakan bisnis adalah salah satu yang semestinya dilakukan sebelum nanti kami presentasikan di hadapan masyarakat luar,” jelasnya.
Sementara Thameemul Ansari Jainullabudeen, penasehat ekonomi Awqaf International yang juga merangkap sebagai Wali Amanat Awqaf Australia yang bertempat di Australia-Sydney melalui pers rilis-nya mengungkapkan, sebenarnya study kelayakan bisnis yang telah dilakukan di Gayo merupakan tindak lanjut dari agenda tur dakwah Yasmin Mogahed ke Sydney, Australia pada 21 April 2013 lalu.
“Dalam tur tersebut dilakukan penggalangan dana dan pelelangan untuk mendukung berbagai proyek di negara-negara Muslim yang diselenggarakan oleh penyelenggara Muslim Without Borders Australia dan Awqaf Australia,” ungkapnya.
“Kami melihat ini adalah sebuah peluang bisnis yang akan membawa dampak besar bagi petani kopi Gayo dan ekonomi Aceh tentunya, karena memang kualitas kopi Gayo sudah dikenal bagus, jadi kita hanya perlu menjaga kepercayaan itu saja. Ini juga merupakan dan bagian dari program fair trade coffe organic  dari Awqaf Aceh,” pungkasnya. (zamroe)

No comments: