Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan kunjungan ke lokasi bencana gempa Aceh untuk memastikan proses tanggap darurat berjalan dengan baik, dan semua kebutuhan dipenuhi.

"Insya Allah besok saya ke Aceh untuk memastikan yang diperlukan terpenuhi. Saya simpulkan bahwa langkah-langkah pascatanggap darurat terus dilakukan. Proses rekonstruksi lebih cepat dan lebih baik," kata Presiden Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, saat memimpin rapat paripurna kabinet mengenai penanganan bencana dan persiapan Ramadhan.

Dalam rapat kabinet yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono tersebut, Presiden mengatakan secara rutin berkomunikasi dan mendapat laporan dari satuan tugas yang bertugas di Aceh.

Sementara itu pada akhir pekan, tim Staf Khusus Presiden telah mengunggah informasi mengenai rencana kunjungan Presiden itu di akun jejaring sosial twitter Presiden Yudhoyono, @SBYudhoyono.

"Presiden SBY pelajari laporan gempa Aceh. Pada 9 Juli 2013, beliau akan tinjau pusat bencana di Kabupaten Bener Meriah, Aceh," menurut keterangan dalam akun tersebut yang menyertakan sebuah foto Presiden tengah berada di meja kerjanya.

Di Aceh, Presiden Yudhoyono dijadwalkan berdialog dengan korban gempa dan meninjau langsung lokasi bencana terparah di Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.