Search This Blog

Tuesday, July 9, 2013

Bupati Bantah Adanya Penyaluran Beras Tidak Berkualitas

Bupati Bantah Adanya Penyaluran Beras Tidak Berkualitas

suaraleuserantara July 9, 2013 
Bupati Aceh Tengah Ir. Nasaruddin.(Foto: Suara Leuser Antara/ izq)
Bupati Aceh Tengah Ir. Nasaruddin.(Foto: Suara Leuser Antara/ izq)
TAKENGEN |SuaraLeuserAntara| Bupati Aceh Tengah Ir.Nasaruddin membantah adanya pemberian 1 liter beras yang tidak layak kepada masyarakat Bies Penantanan kecamatan Bies kabupaten Aceh Tengah.
Menurut Nasaruddin pemberitaan lewat salah satu media televisi swasta nasional itu ada seorang narasumber (Masyarakat) saat diwawancarai media tersebut menyebutkan pemerintah daerah memberikan beras yang sudah hitam sebanyak 1 Liter dan ditambah 1 butir telur kepada masing masing masyarakat itu tidak benar.
“ Saya belum pernah ke sana ,” ungkap Nasaruddin Kepada Suara leuser Antara Minggu (9/7/2013), di Posko Pemda Aceh Tengah. Menurut orang nomor satu di Gayo Lut ini, sistim pendistribusian bantuan sudah dikelola dengan baik mulai dari level desa, yang datanya masuk ke kecamatan yang juga diteruskan ke Posko Sekdakab Aceh tengah.
“ Setiap laporan kepala kampung itulah yang dijadikan pedoman untuk mendistribusikan bantuan, baik berupa beras, mie instan telur dan bantuan lainnya ,” sebut Nas panggilan Nasarudin.
“ saya tidak tahu asal usul beras yang disebutkan salah seorang sumber media ini. Saya juga belum ke sana, jadi sangat tidak logis bila disebutkan dari tangan saya bantuan itu ,” jelas bupati.
Beras bantuan yang disalurkan Pemda Aceh Tengah, menurut Nas, merupakan beras yang baik, karena sudah dicek oleh petugas. Beras untuk musibah itu layak dikonsumsi, bukan seperti yang disebutkan salah seorang sumber, di satu media tv swasta nasional itu.
Nas panggilan akrab bupati, menyesalkan di saat rakyat Aceh tengah sedang dilanda musibah ada pihak yang mempolitisir keadaan. “ Mari sama-sama kita perbaiki daerah kita yang sangat membutuhkan bantuan, daerah kita sedang ditimpa musibah, marilah kita pergunakan hati nurani untuk memperbaikinya ,” sebutnya.
Ia menambahkan bahwa dalam penanganan distribusi bantuan ini tidak mungkin memberikan beras yang tidak berkualitas kepada Pengungsi.
Sejauh ini pemda sendiri tidak mengetahui asal usul beras yang diterima masyrakat Bies, Kecamat Bies kabupaten Aceh Tengah.
Menurut Pantauan media ini, bahan makanan seperti, beras, mie instan dan bahan makanan lain yang ada di posko Pemda Aceh Tengah merupakan beras yang bagus atau sangat layak dikonsumsi.
Beras bantuan yang datang dari dalam dan luar provensi merupakan beras yang sangat layak, beras beras yang didistribusikan merupakan beras yang berkualitas.
Sampai saat ini tidak ada diketemukan beras yang berwarna hitam dan makanan kadaluarsa diposko pemkab Aceh Tengah.(BsG/izq)

No comments: