Search This Blog

Monday, December 2, 2013

Film Dokumenter “Biji Kopi Indonesia” Dibuat, ini Kata Budi Kurniawan

 Film Dokumenter “Biji Kopi Indonesia” Dibuat, ini Kata Budi Kurniawan

Film Dokumenter “Biji Kopi Indonesia” Dibuat, ini Kata Budi Kurniawan

Kru film dokumenter "Biji Kopi Indonesia di Wapres Takengon, 1 Desember 2013). (Edy.L)
Kru film dokumenter “Biji Kopi Indonesia di Wapres Takengon, 1 Desember 2013). (Edy.L)
TakengonLintasGayo.co : Buatlah film dokumenter yang dekat dengan kita, dan yang paling dekat dengan saya adalah kopi, kata Budi Kurniawan, dalam acara Melek Kopi, yang dilaksanakan Komunitas Seni Budaya Lintas Gayo (KSBLG) Minggu, 1 Desember 2013, di Wapres Cafe.
Atas dasar itulah, Budi bersama teman-temannya membuat dokumenter bertajuk “Biji Kopi Indonesia”, dimana salah satu tempat yang dijadikan pengambilan gambar di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.
Menurutnya, film Biji Kopi Indonesia ini bergerak dengan pendekatan antropologis.
“Saya pernah berdiskusi dengan antropolog UGM, dia bilang pada level tertentu tubuh manusia ini seperti mekanik, in dan out sama, jika ingin masukan berkualitas maka keluaran juga harus berkualitas”, terangnya.
Dari situlah lanjutnya lagi, dirinya membuat film Biji Kopi Indonesia sejak tahun 2011.
“Setelah saya membuat riset literature baru saya berani membuat film ini dalam bentuk script, dan dari literature yang saya peroleh, jauh sebelum Brazil menanam kopi Indonesia sudah menanam kopi, di Gayo sendiri menurut data yang saya peroleh Kopi telah ada sebelum kolonial masuk”, demikian kata Budi Kurniawan.
(Darmawan Masri)

No comments: