Search This Blog

Friday, November 29, 2013

M. Jihad : DAG adalah sebuah Lembaga yang Menjaga Filosofi Gayo


M. Jihad : DAG adalah sebuah Lembaga yang Menjaga Filosofi Gayo

M. Jihad : DAG adalah sebuah Lembaga yang Menjaga Filosofi Gayo

tmp_20131129_155808-1626465825Takengon – LintasGayo.co : Falsafah Gayo ditemukan dalam komunitas adat-istiadat, karena hal tersebut sebagai landasan atau garis start membangun Tanoh Gayo, kata salah seorang pemerhati adat-istiadat Gayo, M. Jihad, Jum’at (29/11/2013) di Takengon.
Dia menambahkan, pembentukan Dewan Adat Gayo (DAG), akan menjadikan sebuah lembaga yang memegang teguh nilai dari falsafah Gayo itu sendiri.
“Lembaga ini adalah yang terdepat dalam menjaga nilai adat dan istiadat Gayo sebagai salah satu falsafah hidup orang Gayo yang berdasarkan sarak opat”, ujar M. Jihad.
Pembentukan DAG, ini merupakan langkah awal dari cita-cita dari urang Gayo itu sendiri, jika lembaga ini tidak terbentuk maka urang Gayo akan begini-begini saja.
“DAG ini harus segera terbentuk, karena lembaga inilah menjadi corong terdepan dalam membangun tanoh Gayo sesuai dengan filosofi Gayo itu sendiri, Reje musuket sifet, petue musidik sasat, imem muperlu sunet, rakyat genap mufakat, empat komponen inilah yang akan termuat dalam sistem Dewan Adat Gayo”, pungkasnya.
(Darmawan Masri)
Post a Comment