Search This Blog

Wednesday, June 26, 2013

Ini Kata Kru SCTV Mengenali Gayo


 Ini Kata Kru SCTV Mengenali Gayo

Ini Kata Kru SCTV Mengenali Gayo

Radit-nari
Takengon-LintasGayo : Beragam cara orang mengetahui dan mengenal Gayo, seperti yang diceritakan dua orang kru SCTV, Radit dan Akem yang hadir ke Takengon Aceh Tengah 2 hari ini untuk mengisi program Ngubek-ngubek Liputan6. yang akan ditayangkan pada bulan Ramadhan mendatang.
Radit sang News Presenter, mengatakan, dirinya mengenal Gayo sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), 27 tahun silam, setelah ayahnya memberinya sebuah buku, penulisnya adalah H.M. Iwan Gayo dengan karya besarnya Buku Pintar.
“Saya mengenal Gayo dari buku yang ditulis Iwan Gayo, yang diberikan oleh ayah saya untuk bahan bacaan semasa SD”, kata David kepada LintasGayo.co, Minggu (23/06/2013) di Hip Burger Takengon.
Radit mengenang, buku yang ditulis Iwan Gayo, wartawan yang meraih penghargaan Adinegoro asal Gayo tersebut sangat membantunya dalam menorehkan prestasi di sekolah.
“Berkat buku Iwan Gayo, saya selalu dapat ranking 1 dikelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, karena hanya saya yang punya buku tersebut, teman saya belum ada, buku itu berisi banyak sekali ilmu yang saya peroleh”, ujar presenter liputan6 SCTV tersebut.
Sementara pengakuan sang Kameramen, Akem, mengaku sudah mengenal Gayo sejak kecil dari tetangganya, seorang tentara.
“Saya mengenal Gayo dari tetangga saya yang seorang Danramil di Batu Sangkar. Asmara Jaya namanya, dia orangnya kuat banget, terkenal dengan tinjunya,” kata Akem bersemangat.
Dilanjutnya, jika sedang di Batu Sangkar, nyaris setiap hari Akem bertegur sapa dengan Asmara Jaya dan kerap bercerita tentang Gayo.
“Om, Asmara Jaya sering bercerita tentang Gayo, dari dialah saya kenal Gayo hingga akhirnya saya datang kesini melihat apa yang diceritakannya sekitar 20 tahun yang lalu, saat ini Om Asmara masih tinggal dekat dengan rumah orangtua saya di Sumbar”, tutur Akem.
Ke Takengon, kedua kru TV ini juga dengan seorang kru kameramen lainnya, Effendi yang merupakan putra Gayo asli asal Ketol. Effendi adik kandung Mico Kasah yang news presenter di TVRI.
“Saya asli orang Gayo, cuman merantau ke Jakarta, saya sempat bersekolah di SMAN 2 Takengon, sanak family masih banyak disini, jadi saya tak asing lagi dengan Gayo”, terang Effendi yang sejak 2006 bekerja di SCTV.
(Darmawan/Red.003)

No comments: