Search This Blog

Friday, September 13, 2013

Tampil di Banda Aceh, Dua Klop Didong Gayo ini akan Lahirkan 1600 Syair


 Tampil di Banda Aceh, Dua Klop Didong Gayo ini akan Lahirkan 1600 Syair

Tampil di Banda Aceh, Dua Klop Didong Gayo ini akan Lahirkan 1600 Syair

Didong Jalu. (tarina)
Didong Jalu. (tarina)
Banda Aceh – LintasGayo : Dua klop Didong yang akan tampil pada Didong Jalu Semalam suntuk, Sabtu,14 September 2013, di gedung tertutup Taman Budaya Aceh, Jalan Teuku Umar, Banda Aceh, Tawar Jaya (Bener Meriah) vs Biak Cacak (Aceh Tengah), sedikitnya akan mendendangkan 75 judul lagu dengan berbagai informasi Gayo.
“Mereka akan tampil secara bergantian kira-kira 7 jam,” kata peneliti Didong Salman Yoga, S, MA yang ditunjuk menjadi juri “Didong Jalu” dua klop tersebut di Banda Aceh, Kamis, 12 September 2013.
Dikatakannya, pelantunan 75 syair didong itu sudah biasa dilakukan oleh klop-klop Didong di Gayo, dan dalam waktu semalam dengan tempat yang berbeda, bisa tampil beberapa klup Didong. Begitu pula Didong yang di Gelar Sabtu nanti.
“Jika dalam 7 jam setiap klop bisa mendendang 6 judul lagu, dalam satu lagu bisa terdiri dari 15-20 bait syair, maka sekali tampil bisa melahirkan 1600 syair untuk dua klup,”jelas Salman.
Acara Didong Jalu semalam suntuk diselenggarakan paguyuban masyarakat Keluarga Negeri Antara (KNA) Banda Aceh. Selain menggelar kesenian tradisional, kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahmi masyarakat Gayo di Banda Aceh dan Bener Meriah.
Semetara itu, selain didong jalu tersebut, Komunitas Seni Budaya Lintas Gayo (KSBLG) yang datang ke Banda Aceh untuk mengikuti lomba Musik Gaparan dan Musikalisasi Puisi direncanakan juga akan mengisi acara silaturahmi itu. Hal tersebut dibenarkan, Darmawan, Sekretaris KSBLG.
“Benar KSBLG juga diajak untuk menjadi pengisi acara, pihak panitia telah menghubungi kami, namun kepastiannya untuk hal ini baru bisa dipastikan besok, sesampainya semua anggota tim ke Banda Aceh”, ujarnya.
(Tarina)

No comments: