Search This Blog

Sunday, January 5, 2014

Gubernur Zaini: Gayo Sebagai Bangsa Aceh Asli Benar Adanya

Gubernur Zaini: Gayo Sebagai Bangsa Aceh Asli Benar Adanya

Gubernur Zaini: Gayo Sebagai Bangsa Aceh Asli Benar Adanya

gubernur_kna 
Banda Aceh-LintasGayo.co: Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah menyebutkan, pandangan mengenai Gayo sebagai masyarakat tertua dan merupakan bangsa Aceh asli,itu benar adanya.

“Gayo sebagai bangsa Aceh yang asli adalah benar,” kata Gubernur Zaini saat melantik ketua dan pegurus Keluarga Negeri Antara (KNA) di Aula Utama Asrama Haji, Banda Aceh Sabtu malam (4/1/2014).
Menurut Gubernur, sejarah putra Gayo Merah Silo memperkuat hubungan Gayo dan peisir, dan Merah Silo-lah putra Gayo asli pendiri kerajaan Samudra Pasai.
“Makanya Gayo tidak dapat terpisah dengan Aceh karena Gayo punya peran strategis dalam pembangunan Aceh, yakni peran sejarah dan peran ekonomi,”ujar Gubernur Aceh Zaini Abdullah.
Begitu pula cerita Malem Dewa yang populer di Aceh Selatan, sangat melekat pada masyarakat pesisir sebagai legenda Malem Dewa dan Peteri Bungsu dari negeri Antara.
“Ini berarti hubungan Negeri Antara dan pesisir sudah ada sejak semula, dan ini harus dipertahankan,” jelas Gubernur.
Disebutkan pula, Gayo merupakan sub-etnis yang tidak bisa dipisahkan dari keluarga besar Aceh, karena kerajaan Aceh pertama ada di tanah Gayo.
“Terbukti Merahsilolah pendiri Samudra Pasai,” ulang Gubernur dihadapan masyarakat Gayo Banda Aceh dan Aceh Besar.(tarina)
Post a Comment