Search This Blog

Monday, December 9, 2013

Ketua Paguyuban Minang di Gayo Dukung Gagasan Dewan Adat Gayo

 Ketua Paguyuban Minang di Gayo Dukung Gagasan Dewan Adat Gayo

Ketua Paguyuban Minang di Gayo Dukung Gagasan Dewan Adat Gayo

Irvan Rasyid
Irvan Rasyid
Takengon-LintasGayo.co : Gagasan pembentukan Dewan Adat Gayo yang mulai mengemuka sejak acara Menatap Gayo di Takengon 7 Nopember 2013 lalu direspon positif oleh banyak kalangan, baik oleh Urang Gayo sendiri maupun sosok bersuku bangsa lain yang ada di Gayo.
Pendapat ketua paguyuban Minang Saiyo Aceh Tengah salah satunya, Irvan Rasyid kepada LintasGayo.co, Senin 10 Desember 2013 mengatakan pembentukan Dewan Adat Gayo merupakan suatu terobosan yang sangat baik.
“Kami mendukung sepenuhnya Dewan Adat Gayo tersebut, alasannya, sebagai mana yang berlaku di Aceh, Dewan ini kami yakini bisa dijadikan sebagai simbol pemersatu masyarakat adat yang ada dan berdomisili di Tanoh Gayo. Dan itu untuk kepentingan masyarakat Gayo itu sendiri,” kata Irvan Rasyid.
Dikatakan, secara umum di Aceh ada Majlis Adat Aceh (MAA) dan Wali Nanggroe, akan lebih baik di Gayo juga ada Dewan Adat Gayo yang akan menjadi perpanjangan tangan masyarakat adat yang terkait dengan kebudayaan dan sikap masyarakat dalam menghadapi berbagai hal yang terkait dengan kebudayaan Gayo.
“Kiranya pemerintah daerah dapat memberikan dukungan penuh terhadap terbentuknya Dewan Adat Gayo demi menjaga harkat dan martabat masyarakat Gayo dimanapun berada,” harap Irvan yang turut hadir di acara Menatap Gayo tersebut.
Irvan Rasyid adalah salah seorang sosok putra Minang yang lahir dan besar di Takengon. Dia sebagai pedagang seperti umumnya para perantau dari tanah Minang. Namun bedanya Irvan Rasyid juga sebagai kader partai di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta kader Muhammadiyah. Dalam kesehariannya banyak bergaul dengan berbagai kalangan, malah banyak yang tidak tau jika Irvan Rasyid bersuku Minang. (d’aKa)
Post a Comment