Search This Blog

Saturday, July 20, 2013

Tak Wajar, Jarwansah Mengeluh Capek

Tak Wajar, Jarwansah Mengeluh Capek

suaraleuserantara July 19, 2013 0
ilustrasi
ilustrasi
TAKENGEN |SuaraLeuserAntara| Dalam press release yang dikirimkan kepada media, Jarwansah selaku komandan tanggap darurat atau Ketua Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengatakan bahwa sudah pada capek.
“ Mohon dimaklumi kondisi ini, apalagi kita semua sudah pada capek ” sebutnya dalam rilis yang mereka kirimkan. Kalimat tersebut dianggap tidak sewajar diucapkan Jarwansah, sementarta BPBA ditugaskan menangani bencana.
“ Itu sudah tugas mereka ” ungkap Zam-zam Mubarak LSM relawan yang bergerak di bidang riset dan data peduli gempa Gayo kepada SLA, Jumat (19/7/2013) di posko media lapangan sekdakab Aceh Tengah.
Menurut Zam-zam, sangat disayangkan pernyataan melalui pres release yang dikeluarkan Jarmansyah yang mengatakan capek, jika hal tersebut dikatakannya,” kami relawan lokal siap bekerja membantu korban gempa ,” ujar Zam-zam.
Dia juga mempertanyakan mekanisme penggunaan anggaran 64 milyar lebih ,” menurut hemat kami anggaran yang bersumber dari APBA tersebut merupakan dana siap pakai yang belum pernah digunakan ,” ungkap Zam-zam.
Namun disayangkan, dalam relis pada 18 Juli 2013 kemarin, menyebutkan pihak BPBA mengklaim telah mempergunakan anggaran 64 milyar lebih tersebut, sejak hari pertama terjadinya gempa bumi Aceh ,” hal ini harus dijelaskan kepada publik ungkap ,” pinya Zam-Zam.
Selanjutnya Zam-zam juga meminta setiap bantuan yang bersumber dari pihak ketiga harus juga transparan penyaluranya, karena menurut pantauan mereka yang memberikan bantuan dari pihak ketiga tidak sedikit nilainya, namun sejauh ini, masyarakat tidak mengetahui berapa jumlah bantuan dari pihak ketiga tersebut.
“Jumlah bantuan dari pihak ketiga dan bantuan BPBA tidk dicampur adukan sehingga pertanggung jawaban bisa lebih transparan ”, sebutnya.
Ia juga mempertanyakan bantuan dari Bandan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mengalokasikan dana sebesar Rp 40 milyar terkait darurat penanggulangan dampak gempa, apakah sudah dipergunakan atau belum, tanya Zam-Zam. (BsG)

No comments: