Search This Blog

Friday, July 5, 2013

Pertamina Jamin Stok BBM Aman Usai Gempa Aceh


Viva news


Pertamina Jamin Stok BBM Aman Usai Gempa Aceh

"Secara umum, penyaluran BBM di wilayah Aceh normal."

ddd
Kamis, 4 Juli 2013, 07:47 Antique, Arie Dwi Budiawati
Warga berlarian ke luar rumah saat gempa berkekuatan 6,2 SR melanda Aceh, Selasa 2 Juli 2013.
Warga berlarian ke luar rumah saat gempa berkekuatan 6,2 SR melanda Aceh, Selasa 2 Juli 2013. (ANTARA FOTO/Syahrol Riza)
VIVAnews - PT Pertamina menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) aman di Aceh, meskipun ada beberapa SPBU yang rusak akibat gempa yang melanda pada Selasa lalu.  

Humas Pertamina, Ali Mundakir, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Kamis 4 Juli 2013, menyatakan bahwa penyaluran BBM dilakukan dari titik persediaan (supply point) ke puluhan SPBU yang ada di sana.

"Secara umum, penyaluran BBM di wilayah Aceh normal, dengan rata-rata penyaluran premium 1.500 kiloliter per hari dan solar 800 kiloliter
per hari," kata dia.

Ali mengatakan bahwa distribusi BBM dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dilakukan ke lima titik seperti Sabang, Lhokseumawe, Kruengraya, Meulaboh, dan Simeulue, sehingga persediaan BBM aman untuk 97 SPBU.

Dia juga mengaku bahwa dari kesekian puluh SPBU yang ada, hanya ada dua SPBU yang mengalami kerusakan.

"Hanya ada dua SPBU yang mengalami kerusakan, yaitu di Kab. Aceh Tengah (bernomor 14.245.499) yang mengalami kerusakan pada tembok samping ruangan di sana dan kacanya juga pecah. Lalu, kantor SPBU di Kab. Bener Meriah (14.245.248) juga pecah kacanya," kata dia.

Seperti diketahui, gempa 6,2 skala ritcher kembali melanda tanah Serambi Mekkah dan kali ini kabupaten Aceh Tengah yang digoyang. Gempa ini datang sebanyak dua kali pada Selasa 2 Juli 2013.

Akibatnya, puluhan korban tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Tidak hanya itu, gempa ini juga menyebabkan putusnya aliran listrik dan terganggunya jaringan telekomunikasi.

No comments: