Rapai Geleng
Rapai adalah salah satu alat tabuh seni dari Aceh. Rapai (rebana) terbagi kepada beberapa jenis permainan, rapai geleng salah satunya. Rapai Geleng dikembangkan oleh seorang anonim Aceh Selatan. Permainan Rapai Geleng juga disertakan gerakan tarian yang melambangkan sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kekompakan dalam lingkungan masyarakat.
Terian
ini mengekspresikan dinamisasi masyarakat dalam syair (lagu-lagu) yang
dinyanyikan, kustum dan gerak dasar dari unsur tarian meuseukat.
Fungsi
dari tarian ini adalah syiar agama, menanamkan nilai moral kepada
masyarakat, dan juga menjelaskan tentang bagaimana hidup dalam
masyarakat sosial. Rapai geleng pertama kali dikembangkan pada tahun
1965 di Pesisir Pantai Selatan. Saat itu Tarian Rapai Geleng di bawakan
pada saat mengisi kekosongan waktu santri yang jenuh usai belajar. Lalu,
tarian ini dijadikan sarana dakwah karena dapat membuat daya tarik
penonton yang sangat banyak.
Jenis
tarian ini dimaksudkan untuk laki-laki. Biasanya yang memainkan tarian
ini ada 12 orang laki-laki yang sudah terlatih. Syair yang dibawakan
adalah sosialisasi kepada mayarakat tentang bagaimana hidup
bermasyarakat, beragama dan solidaritas yang dijunjung tinggi.
Tarian Rapai Geleng ada 3 babak yaitu:
- Saleum (Salam)
- Kisah (baik kisah rasul, nabi, raja, dan ajaran agama)
- Lani (penutup)
Nama Rapai diadopsi dari nama Syeik Ripai yaitu orang pertama yang mengembangkan alat musik pukul ini.
Syair yang dibawakan tergantung pada Syahi. Hingga sekarang syair-syair itu banyak yang dibuat baru namun tetap pada fungsinya yaitu berdakwah.
Contoh :
Rapai-i Geleng; Pesan Perlawanan dalam Tarian Aceh
Alhamdulilah Pujo Keu TuhanNyang Peujeut Alam Langet Ngon Donya
Teuma Seulaweut Ateuh Janjongan
Panghulee Alam Rasul Ambiya
(Segala Puji kepada Tuhan
yang telah menciptakan langit dan dunia
selawat dan salam pada junjungan
penghulu alam Rasul Ambiya)
Nanggroe Aceh nyo Tempat loun lahee
Bak Ujoung Pantee Pulo Sumatra
Dilee Baroo Kon Lam jaro Kaphe
Jino Hana lee Aman sentosa…
(Daerah Aceh ini Tempat lahir ku
di ujung pantai pulau sumatera
Dulu berada di tangan penjajah
Kini telah aman dan sentosa)
Kostum yang dipakai
berwarna hitam kuning berpadu manik-manik merah, serempak menggeprak
panggung dengan duduk bersimpuh. Gerakannya diikuti tabuhan rapai yang
berirama satu-satu, lambat, lama kemudian berubah cepat di iringi dengan
gerak tubuh yang masih berposisi duduk bersimpuh, meliuk ke kiri dan ke
kanan. Gerakan cepat kian lama kian bertambah cepat.
Pada dasarnya, ritme gerak pada tarian rapai geleng hanya terdiri dalam empat tingkatan; lambat, cepat, sangat cepat dan diam. Keempat tingkatan gerak tersebut merupakan miniatur karakteristik masyarakat yang mendiami posisi paling ujung pulau Sumatera, berisikan pesan-pesan pola perlawanan terhadap segala bentuk penyerangan pada eksistensi kehidupan Agama, politik, sosial dan budaya mereka.
Pada dasarnya, ritme gerak pada tarian rapai geleng hanya terdiri dalam empat tingkatan; lambat, cepat, sangat cepat dan diam. Keempat tingkatan gerak tersebut merupakan miniatur karakteristik masyarakat yang mendiami posisi paling ujung pulau Sumatera, berisikan pesan-pesan pola perlawanan terhadap segala bentuk penyerangan pada eksistensi kehidupan Agama, politik, sosial dan budaya mereka.
Pada gerakan lambat,
ritme gerakan tarian rapa-i geleng tersebut coba memberi pesan semua
tindakan yang diambil mesti diawali dengan proses pemikiran yang matang,
penyamaan persepsi dan kesadaran terhadap persoalan yang akan timbul di
depan sebagai akibat dari keputusan yang diambil merupakan sesuatu yang
harus dipertimbangkan dengan seksama. Maaf dan permakluman terhadap
sebuah kesalahan adalah sesuatu yang mesti di berikan bagi siapa saja
yang melakukan kesalahan. Pesan dari gerak beritme lambat itu juga
biasanya diiringi dengan syair-syair tertentu yang dianalogikan dalam
bentuk-bentuk tertentu. Sebagai contoh bisa tergambar dari nukilan syair
dari salah satu bagian tarian;
Meu nyo ka hana raseuki,yang bak bibi roh u lua
Bek susah sare bek sedeh hatee,
tapie kee laen ta mita
(Kalau sudah tak ada rezeki,
yang sudah di bibirpun jatuh ke luar
jangan lah susah, jangalah bersedih hati,
mari kita pikirkan yang lain untuk di cari)
Kata “raseuki” yang
bermakna “rezeki” dalam syair di atas, merupakan simbol dari
peruntungan. Bagi masyarakat Aceh, orang yang melakukan perbuatan baik
kepada mereka dimaknakan sebagai sebuah keberuntungan. makna sebaliknya,
ketika orang melakukan perbuatan jahat, maka masyarakat Aceh
mengartikan ketakberuntungan nasib mereka, dan ketakberuntungan itu
merupakan permaafan.
Gerakan beritme Cepat
adalah gerak kedua, sesaat pesan yang terkandung dalam gerakan beritme
lambat namun sarat makna usai dituturkan. Pada gerakan ini, pesan yang
disampaikan adalah pesan penyikapan ketika perbuatan jahat, yang
dimaknakan sebagai ketakberuntungan nasib, kembali dilakukan oleh orang
atau institusi yang sama. Penyikapan tersebut bisa dilakukan dalam
bentuk apapun, tapi masih sebatas protes keras belaka. Seperti bunyi
syair di bawah;
Hai Laot sa, ilak ombak meuAloun kapai die eik troun meu lumba
Lumba hai bacut teuk, salah bukon sa
Lah loun salah mu, lah poun awai bak gata
(Wahai Laut yang berombak
mengayunkan kapal naik dan turun
sedikit lagi kemasukan air, itu bukan salah ku,
engkaulah yang mengawalinya)
Gerakan beritme cepat ini
tak lama, kemudian disusul dengan gerakan tari beritme sangat cepat
mengisyaratkan chaos menjadi pilihan dalam pola perlawanan tingkat
ketiga. Sebuah perlawanan disaat protes keras tak diambil peduli.
Tetabuhan rapa-i pada gerakan beritme sangat cepat inipun seakan menjadi
tetabuhan perang yang menghentak, menghantam seluruh nadi, membungkus
syair menjadi pesan yang mewajibkan perlawanan dalam bentuk apapun
ketika harkat dan martabat bangsa terinjak-injak. Cuplikan sajak
“perang” nya (alm) Maskirbi yang biasa dilantunkan menjadi syair dalam
gerakan beritme cepat pada tarian rapai geleng ini bisa menjadi contoh
sederetan syair-syair yang dijadikan pesan.
Doda idi hai doda idang
Geulayang balang ka putoh talo
Beureujang rayeuk banta sidang
Jak tulong prang musoh nanggro
(doda idi hai doda idang –nyanyian nina bobo untuk anak-Doda idi hai doda idang
Geulayang balang ka putoh talo
Beureujang rayeuk banta sidang
Jak tulong prang musoh nanggro
layangan sawah telah putus talinya
cepatlah besar wahai ananda
pergilah, perangi musuh negeri)
Pada titiknya, semua gerakan tadi berhenti, termasuk seluruh nyanyian syair. Ini merupakan gerakan akhir dari tarian. Gerakan diam merupakan gerakan yang melambangkan ketegasan, habisnya semua proses interaksi.
No comments:
Post a Comment